Semua Ikan di Langit

Kamar paling berantakan di seluruh dunia

Ikan julung-julung terbang melintasi angkasa

Kaki yang menapak di bus akan terbaca pikirannya

Beliau, Nad, dan Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie

Keempatnya adalah hal-hal yang menggembirakan selama Saya membaca buku “Semua ikan di Langit.”

Buku “Semua ikan di Langit” menceritakan kisah Bus yang keluar dari trayeknya di bumi dan mengembara keliling Angkasa. Bus di kelilingi oleh ikan julung-julung agar ia bisa terbang. Beliau adalah seorang anak kecil yang tidak pernah bicara dan tidak menapakkan kakinya. Beliau-lah yang menggerakkan ikan julung-julung. Bus bisa membaca pikiran orang-orang atau makhluk lain lewat langkah kakinya saat pertama kali ia masuk ke bus. Termasuk membaca pikiran Nad, seekor kecoa yang selalu menemani perjalanan Bus di luar angkasa. Namun, Bus tidak pernah bisa membaca pikiran Beliau. Beliau tidak menapakkan kakinya.

Lebih tepatnya, buku “Semua Ikan di Langit” berisi kekaguman Bus terhadap Beliau.

Buku “Semua Ikan di Langit” Saya pinjam dari teman Saya di organisasi. Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie adalah penulis buku “Semua Ikan di Langit” yang berhasil memenangkan juara pertama sayembara novel Dewan Kesenian Jakarta tahun 2016.

Saat pertama membaca buku “Semua Ikan di Langit,” imajinasi kita terasa hidup kembali. Unik, tokoh utama dalam buku ini adalah Bus yang menceritakan kekagumannya pada Beliau.  Salah satu kekaguman Bus pada Beliau adalah terciptanya bintang. Berkat Beliau, Ikan julung-julung mampu menyemburkan bintang-bintang dari mulutnya di situasi tertentu.

Pemilihan diksi dalam buku ini sangat menarik dan tak terduga. Kamar tidur paling berantakan di seluruh dunia untuk menggambarkan gunungan tempat sampah. Beliau adalah tokoh yang tidak memiliki nama, tapi memiliki banyak sebutan. Maksudnya begini, Beliau adalah sebutan dari Bus untuk menyebut anak kecil yang ia kagumi. Sedangkan, Pohon raksaksa menyebut Beliau dengan sebutan si Hebat.

Setiap memasuki cerita baru dalam buku ini. Kita akan disuguhi gambar serupa lukisan yang mengesankan. Gambar ini mampu membangun daya imajinasi kita agar kita memiliki sedikit gambaran. Namun, kita tetap bisa mengembangkan daya imajinasi. Kita tidak terpatok pada gambar tersebut.

Membaca buku “Semua Ikan di Langit” membuat saya merasa gembira. Saya rasa buku ini bisa dinikmati semua kalangan. Kalau kamu jenuh melakukan rutinitas setiap hari, cobalah membaca buku ini. Kamu akan punya perspektif lain tentang kehidupan.

 

Sumber foto: http://www.goodreads.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: